Home » » Radio Tempat Beriklan dan Promosi Usaha

Radio Tempat Beriklan dan Promosi Usaha

Sampai hari ini, biaya memasang iklan di radio masih yang paling murah dibandingkan dengan beriklan di televisi dan media cetak. Dengan budget yang tidak jauh berbeda, biaya untuk memasang satu spot iklan di televisi atau memasang satu iklan display di media cetak bisa digunakan untuk memasang berkali-kali penyiaran di radio.

Selain biaya yang lebih rendah, di Indonesia, terutama di daerah, radio masih bisa menjangkau lebih banyak telinga jika dibandingkan dengan televisi dan media cetak.

Kelemahannya, iklan radio tidak bisa memunculkan visualisasi dari produk yang diiklankan secara langsung. Yang bisa dilakukan adalah membangun visualisasi produk dalam theater of mind pendengar melalui penyampaian data yang deskriptif.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar iklan yang kita produksi bisa lebih efektif dalam membantu klien memperkenalkan produknya ke pendengar.

Perlu diingat, spot iklan yang kita buat harus dapat membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan. Berikan mereka sebuah kejutan, bangkitkan rasa keingintahuan pendengar. Gugahlah mereka dengan menggunakan musik, efek suara dan tentunya naskah iklan yang tepat.

Apa yang harus dilakukan agar naskah kita lebih efektif dalam menyampaikan pesan?

1. Identifikasikan brand / merk yang dipromosikan di awal iklan

2. Sebisa mungkin lakukan variasi pengulangan deskripsi brand / merk agar tidak membosankan

3. Sampaikan manfaat, keuntungan dan keistimewaan produk di awal iklan

4. Lakukan variasi pengulangan benefit produk sesering mungkin 

Begitu pendengar mulai tergugah, sampaikan pesan-pesan promosi dengan cara yang personal, seperti saat kita sedang berbicara dengan rekan kita. Libatkan pendengar, buat mereka tertarik dan terhibur.

Efek samping yang bisa ditimbulkan, adalah pendengar menjadi cepat bosan mendengarkan iklan yang itu-itu melulu. Karena biaya produksi sebuah iklan radio sangat rendah apalagi jika dibandingkan dengan biaya produksi iklan untuk televisi dan media cetak, tidak ada ruginya jika iklan radio yang frekuensi pemutarannya cukup tinggi atau perode penyiarannya cukup lama, bisa dibuat dalam beberapa versi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Radio Tempat Promosi Usaha - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger