Home » » Pintu Rezeki bagi Umat Muslim

Pintu Rezeki bagi Umat Muslim

13 Macam Pintu Rezeki

Sebagian orang berpikir ia sudah bekerja keras namun tetap saja rezeki yang ia dapat tidak sesuai dengan jerih payah yang ia lakukan, mungkin anggapan orang - orang tersebut salah mengenai bekerja keras dan pantang menyerah adalah hal penting yang akan membuat hidup mereka makmur. Namun tidak banyak di antara mereka yang mengetahui bahwa masih banyak cara untuk mengetuk pintu rezeki diantara nya tawakkal dan berdoa.
















Berikut 13 Macam Pintu Rezeki :

1. Taqwa 

Menurut Tafsir Ibnu Katsir, arti dasar dari "takwa" adalah menjauhkan diri dari segala sesuatu yang tidak disukainya (Allah SWT).

dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya, dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS. At-Talaq : 3)

2. Tawakal

tawakkal berarti berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan. Menurut Imam Al-Ghazali tawakal ialah menyandarkan kepada Allah SWT tatkala menghadapi suatu kepentingan, bersandar kepada-Nya dalam waktu kesukaran, teguh hati tatkala ditimpa bencana disertai jiwa yang tenang dan hati yang tentram.

3. Sholat

"...dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar, dan sesungguhnya mengingat Allah (Sholat) adalah lebih besar (keutamaanya dari ibadah-ibadah lainnya)" - Al-'Ankabut 29:45

4. Doa 

Allah memerintahkan manusia agar berdo'a dan merendahkan diri pada-Nya, serta menjanjikan akan mengabulkan doa dan mewujudkan apa yang dipinta itu.

5. Dakwah

Tujuan utama dakwah ialah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridai oleh Allah. Nabi Muhammad S.A.W mencontohkan dakwah kepada umatnya dengan berbagai cara melalui lisan, tulisan dan perbuatan.

6. Silaturrahim

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang yang menyambung silaturahmi itu, bukanlah yang menyambung hubungan yang sudah terjalin, akan tetapi orang yang menyambung silaturahmi ialah orang yang menjalin kembali hubungan kekerabatan yang sudah terputus”. [Muttafaqun ‘alaihi].

7. Taklim  

Belajar dan mengajarkan ilmu-ilmu agama/akhirat, apalagi taklim harian di rumah yg hampir banyak keluarga sudah melupakan. 

8. Dzikir/Tilawah

"Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya." (Al Ahzab 33:41).

Membacakan ayat-ayat suci Al Quran secara istiqamah, rumah akan bercahaya bila senantiasa dikumandangkan ayat al quran.

9. Puasa 

 keutamaan puasa menghapuskan dosa (33:35), dan terhindar dari kemaksiatan (2:138)

10. Istighfar.

"Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah melegakan setiap kegundahan mereka, melepaskan setiap kesempitan mereka dan memberikan rizki secara tidak terduga duga. "(HR Abu Dawud)

11. Sedekah  

“Bersedekahlah dan jangan menghitung-hitung dan mempersoalkan apa yang kamu sedekahkan. Nanti Allah akan menghitung-hitung dan membalasmu yang sama,” (HR Bukhari).

12. Nikah 

“Ada tiga golongan manusia yang berhak Allah tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya”. (HR. Ahmad 2: 251, Nasaiy, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits no. 2518, dan Hakim 2: 160)

Bagi siapa saja yang menikah dengan niat menjaga kesucian dirinya, maka berhak mendapatkan pertolongan dari Allah berdasarkan penegasan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits ini. Dan pertolongan Allah itu pasti datang.

13. Bekerja / Berusaha

Islam sangat menghargai pekerjaan, bahkan seandainya kiamat sudah dekat dan kita yakin tidak akan pernah menikmati hasil dari pekerjaan kita, kita tetap diperintahkan untuk bekerja sebagai wujud penghargaan terhadap pekerjaan itu sendiri. Hal ini bisa dilihat dari hadist berikut : “Bekerjalah seakan-akan engkau hidup seribu tahun lagi, dan beribadahlah seakan-akan besok engkau akan mati”(Al-Hadis)

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai rezeki yang besar, namun Allah tidak memberikannya secara mudah, Allah akan melihat seberapa besar engkau berusaha dan berdoa kepada-Nya. Semoga usaha dan doa yang pembaca lakukan tidak sia-sia, dan mendapatkan balasan yang seharusnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Radio Tempat Promosi Usaha - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger